Penemu Komputer

       Tahun 1946 komputer elektronik pertama yang memiliki fungsi umum dirakit dan disebut ENIAC (Elecronic Numerical Integrator and Calculator). ENIAC menggunakan lebih dari 18.000 katup sehingga memakan tempat.
     
        Tahun 1948 tim ilmuwan Amerika menciptakan transistor yang lebih kecil dan murah menggantikan katup.
   
      Tahun 1959 diciptakanlah cip silikon/microchip seukuran kuku manusia yang dapat berisi ribuan transistor. Akhirnya, para insinyur di perusahaan Intel merakit komputer lengkap dengan hanya 1 buah cip yang disebut mikroprosesor.

            Siapakah orang orang jenius yang terlibat dalam penemuan komputer ?

1.      1.  Charles Babbage 
Charles Babage
            Yang lahir 26 Desember 1792, daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, anak dariBenjamin Babbage, seorang Banker. Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat memasuki Trinity College diCambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat diMusium Sains London.
           Charles Babbage adalah orang yang mempunyai ide dalam pembuatan komputer.

2.      2.  Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry   
DR. John Antasoff

Clifford Berry
                   Mendesain ABC (Atanasoff-Berry Computer) komputer digital elektronis pertama yang fungsinya hanya dapat menghitung tambah dan kurang.

3.      3.   Alan Turing 

Alan Turing

                   Mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.

4.      4.  Howard Hathaway Aiken         
Howard Hathaway Aiken    
                  Membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

5.      5. Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr         
Dr. John W. Mauchly

J. Presper Eckert, jr   
                   Menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi namaENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER. ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati. ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar